hai geng jangan buang-buang waktu buat otak atik komputer/leptop buat browsing yang gak jelas.....
disini ane menyediakan belajar tentang cara cara desaingrafis dan multimedia,,,, terutama pada anda yang mau belajar tentang desaingrafis dan multimedia ane juga menyediakan tutorial fotografi,,,
bagi yang sudah mahir maaf gan. ane cuma berbagi pengalaman,,
terimakasih

Kamis, 08 Maret 2012

Membirukan Langit Dengan Photoshop


Membirukan Langit Dengan Photoshop
Tak Ada CPL, Photoshop Pun Jadi


  Kategori:Olah digital
Seringkali kita mendapatkan sebuah scene yang begitu indah untuk dipotret, tapi ternyata setelah dipotret hasilnya tidak seperti yang kita inginkan. Salah satu contohnya, langit yang kurang biru atau flat. Solusinya kita harus menggunakan sebuah filter yang dikenal dengan nama CPL (Circular Polarizer).

Tetapi apabila kita tidak memiliki filter�CPL, maka satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah melakukan pengolahan di Photoshop untuk mendapatkan langit yang biru.
Salah satu contoh foto yang belum diolah:
Terlihat pada gambar di atas, langitnya kurang biru. Oke, mari kita mulai bedah foto tersebut.
Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menaikkan kontras dari foto tersebut. Saya disini menggunakan fasilitas Level. Penggunaan Level tidak akan saya bahas disini, karena saya percaya Fners sudah familiar dengan fasilitas tersebut. Selain penggunaan Level, pemakaian Color Balance atau Channel Mixer juga bisa. Disesuaikan dengan selera anda masing-masing.
Kira-kira beginilah hasil foto setelah saya apply Level:




Pada foto diatas, langit masi terlihat kurang biru. Kini saatnya untuk membirukan langit.

  1. Buat New Layer
  2. Pilih warna biru untuk warna foreground (dalam kasus ini saya memilih warna #2E538D). Perlu saya ingatkan, pemilihan warna bisa disesuaikan dengan selera Anda masing-masing. Tidak ada patokan value untuk pemilihan warna ini.
  3. Pilih tool Gradient dari palet Tools. Set pilihan Gradient ke Foreground to Transparent (lihat gambar di bawah)




  4. Tarik garis Gradient sambil menahan tombol Shift berawal dari ujung atas sampai ke batas horizon.
  5. Ubah blending mode ke Color Burn (ditunjukkan oleh panah merah)




  6. Hasilnya akan seperti ini:



Langit sudah terlihat biru mirip dengan pemakaian CPL.


Sudah selesaikah? Ternyata masih ada bagian-bagian foto yang terlihat gelap akibat ditumpuk oleh layer gradient tersebut. Oke, mari kita coba betulkan.


Pertama, pindah ke palet Channel. Terdapat 4 item pada palet Channel ini, yaitu, RGB, Red, Green, dan Blue Channel.




Pilih salah satu channel diantara 3 channel (Red, Green, Blue) yang memiliki kontras paling tinggi. Kontras paling tinggi maksudnya adalah, terlihat perbedaan yang tinggi antara warna hitam dan warna putih. Pada contoh kasus foto di atas, kontras yang paling tinggi terdapat pada Channel Blue. Sambil menekan tombol Control, klik channel tersebut. Maka akan muncul seleksi seperti terlihat pada gambar di bawah:



Pindahlah ke palet Layer lagi, klik pada layer gradient. Pilih menu Select > Feather. Masukkan nilai 1 pixel. Setelah itu, klik tombol Add layer mask yang terletak di bagian bawah palet Layer (lihat gambar).



Dan, hasilnya akan terlihat seperti ini :



Selesai sudah langkah-langkah membirukan langit. Selanjutnya, bisa anda tambahkan dodge atau burn untuk area-area yg dikehendaki. Hasil akhir dapat dilihat di sini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar